Fakta Unik Negara Indonesia

Fakta unik negara Indonesia - Kamu orang Indonesia kan ? Jika iya, kamu wajib baca artikel ini sampai tuntas. Disini saya akan menuliskan beberapa fakta unik Indonesia yang harus kamu tau. Indonesia merupakan negara yang berada di Asia, tepatnya Asia Tenggara. Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, tentunya atas jasa para pahlawan waktu itu. Sebagai penerus, kita wajib menjaga negara ini. Menjadi warga negara yang baik adalah salah satu cara menghargai kemerdekaan negara kita. Selain itu kita juga harus menjaga kelestarian alam bumi Pertiwi ini. So, mari bersama memperbaiki kebiasaaan kita terhadap negara tercinta ini.

Mungkin fakta yang banyak orang tau tentang Indonesia hanya sekedar Candi Borobudur, Komodo, atau keindahan pulau Bali yang mendunia. Namun sudah taukah kamu tentang fakta yang belum terlalu banyak diperbincangkan. Beberapa poin yang saya sebutkan disini adalah fakta unik negara Indonesia yang jarang diketahui.

1. Negara kepulauan terbesar di dunia

Indonesia negara kepulauan
Image by beritabrantas.com
Seperti yang kita tau sob, Indonesia adalah negara yang terdiri dari ribuan pulau baik besar dan kecil. Memiliki kurang lebih 17.508 pulau, wajar saja kan jika Indonesia merupakan negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia. Tiga dari enam pulau terbesar di dunia ternyata ada di Indonesia loh sob, diantaranya Kalimantan, Sumatera dan Papua. Namun rakyat Indonesia sebagian besar tinggal di pulau Jawa yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah Indonesia. Orang Jawa mana suaranya ?? Hehe.. Rame banget.

2. Negara maritim terluas


Indonesia negara maritim
Image by beritasatu.net
Selain terkenal memiliki ribuan pulau, tau gak kalau Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Kok bisa ? Itu karena negara kita mempunyai perairan yang luasnya ±93 ribu m² dan panjang pantainya ±81 ribu m² atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Inget ya sob, Indonesia tuh kaya akan sumber daya alam. Jangan lupa buat selalu jaga lingkungan.

3. Negara Muslim terbesar


Image by batamnews.co.id
Kamu orang Islam ? Kalau tidak ya mohon maaf. Indonesia memiliki 216 juta jiwa yang memeluk agama Islam atau sekitar 88% dari seluruh masyarakatnya. Hal ini terjadi karena Islam adalah agama mayoritas di Indonesia. Buat non-muslim sekali lagi minta maaf ya.

4. Hutan tropis terbesar di dunia 


Hutan tropis
Image by boombastis.co.id
Dengan hutan tropis yang luasnya hampir 40 juta hektar, Indonesia pantas menyandang gelar sebagai negara yang mempunyai hutan tropis terbesar di dunia. Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan Sumatera adalah kawasan hutan tropis terbesar di Indonesia. Sayangnya akhir-akhir ini dikabarkan sering terjadi kebakaran hutan khususnya wilayah Sumatera yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab. Jangan ditiru ya yang kaya gituan. Hehe..

5. Komodo


Komodo
Image by rolandtravel.co.id
Salah satu fakta unik Indonesia ialah adanya hewan purba yang usianya paling tua yaitu komodo. Komodo merupakan kadal terbesar di dunia dan sudah sangat langka loh sob. Jika kamu ingin melihat secara langsung seperti apa komodo, silahkan datang ke Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Di sana, kamu akan melihat dengan sangat jelas bagaimana komodo yang sesungguhnya.

6. Rendang

Rendang
Image by kulinersehat.com
Udah pada tau kan apa itu rendang ? Mungkin udah ada sobat yang pernah makan rendang ? Ya. Rendang adalah makanan asal padang, Sumatra Barat yang berbahan dasar daging sapi. Tau gak kalo rendang itu masakan terenak di dunia ? Bumbu yang banyak pada rendang menjadikan makanan ini sangat nikmat dimakan. Meski berasal dari Padang, tapi sudah banyak rumah makan yang nyediain loh. Buat sobat yang pengen banget makan makanan ini, gak usah repot-repot ke Padang, cari aja rumah makan Padang terdekat, mungkin disitu ada.

7. Kopi termahal di dunia


Kopi luwak
Image by gemilang.me
Tak hanya memiliki makanan paling enak, ternyata Indonesia juga punya minuman (kopi) yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah loh. Pernah dengar kan kopi luwak ? Ya. Kopi yang udah dicerna hewan luwak inilah yang nantinya disajikan dalam gelas. Biji kopi yang telah dimakan oleh luwak ini nantinya akan dikeluarkan. Hmm.. Lebih tepatnya sih kotoran luwak. Namun jangan salah, biji kopi yang udah dikeluarin sama si luwak ini masih tetep utuh. Setelah dicuci bersih baru dibuat jadi bubuk kopi dan disajikan. Pembuatannya juga sama seperti kopi pada umumnya.

Nah sob, itulah beberapa fakta unik Indonesia yang bisa saya sebutkan. Mungkin lain waktu akan ditambah lagi. Tetap bangga jadi orang Indonesia yang tidak banyak mengeluh. Nikmati saja apa yang ada disekitar kita.
Previous
Next Post »